April 6, 2020

Karawitan “Lestari Budoyo” Kuwang mencoba melestarikan kesenian tradisional

Argomulyo-10 Maret 2020. Karawitan adalah seni gamelan dan seni suara yang bertangga nada slendro dan pelog. Kesenian ini terkenal di Pulau Jawa dan Bali. Istilah karawitan berasal dari kata “rawit” yang berarti halus dan lembut. Sehingga karawitan berarti kelembutan perasaan yang terkandung dalam seni gamelan.

Seiring berjalannya waktu, peminat kesenian ini perlahan mulai menghilang. melihat keadaan ini, warga masyarakat padukuhan Kuwang Argomulyo mencoba untuk melestarikan kembali kesenian tersebut. Atas inisiatif warga masyarakat tersebut, lahirlah kelompok karawitan “Lestari Budoyo” yang saat ini beranggotakan 21 warga masyarakat padukuhan Kuwang.

Yusafat selaku Kepala Padukuhan Kuwang menjelaskan bahwa kelompok kesenian karawitan “Lestari Budoyo” ini rutin mengadakan latihan setiap malam rabu. Sehingga selain melestarikan kesenian karawitan itu sendiri, juga sebagai ajang silaturahim antar warga padukuhan Kuwang.

Kedepannya Kelompok Karawitan Lestari Budoyo ini berharap semakin banyak anak muda yang tertarik untuk bergabung dengan kelompok ini, sehingga kesenian karawitan akan tetap lestari terutama di Desa Argomulyo.

-Yusafat-